Gue dan Darwinian..

Posted: Sabtu, 01 Januari 2011 by Pelajar Bodoh in
2


Gue baru aja kelar nyelesein baca kitab BIOLOGY merah, satu dari 3 pioner buku yang wajib gue kuasain selama 3 tahun SMA. Sebenarnya buku edisi kelima itu ada 3 dan itu semuanya sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Untuk beberapa edisi; keenam, ketujuh, dan kedelapan masih belum diterjemahkan. Sekarang koleksi Campbell gue untuk edisi kelima lenkap sudah. Baru aja kemaren gue nitip yang ed. kelima untuk jilid pertama. Dan artinya gue masih punya PR buat nyelesein buku yang kesekian tersebut.

Eighth Edition of Campbell

Neil A. Campbell (University of California, Riverside), Jane B. Reece (Palo Alto, California), dan Lawrence G. Mithcell (University of Montana) adalah manusia-manusia yang berjasa melahirkan serial buku BIOLOGY ini. Ketiganya adalah satu tim solid yang berupaya untuk terus mengkaji secara lebih dalam semua yang ada dalam tatanan system kehidupan biologi. Ckck (good job, guys!) .
Tapi ada sedikit ciri khas dari buku ini yang ngebuat gue semakin penasaran soal apa yang dimaksudkan Reece dkk dalam buku ini. Ya, secara sudut pandang gue, mereka bertiga adalah Darwinians.

Kenapa ??


Soalnya dari seluruh buku mereka yang udah gue baca selalu berkaitan dengan filogeni-filogeni yang cenderung kepada perubahan (evolusi).
Dan yang harus lo semua waspadai sebelum membaca buku ini adalah…

Keep a FAITH (haha. Lebai juga gue…). Wets. Tapi bener lho, buku ini dapat mempengaruhi pembacanya dalam pandangan Darwinisme. Dan yang udah kita tahu semua adalah Charles Darwin seorang Kristen taat dapat berubah menjadi elit ilmuawan yang kolot terhadap teorinya. Lo semua udah baca belum, On The Origin of Species by means of Nature Selection ?? Karangan si Darwin sebelum dia koit alias mati. Sebenernya karangan Darwin yang satu itu hampir berebut hak paten dengan sahabatnya lho.. Alfred Wallace. Tau kan lo semua siapa si Wallace itu ? itu loh.. yang menentukan garis Wallace untuk  membagi Indonesia menjadi 3 bagian, menurut sistem hewan Endotermik yang berhabitasi di 3 tempat bagian berbeda .

Lanjut ke masalah Darwin.. Yap,manusia serem yang punya banyak rambut  ini (?) emang sangat fanatic dengan sebuah evolusi. Dan itu semua berawal dari penelitiannya dimana dia mengelilingi dunia (baca: pelayaran HMS Beagle) untuk mengamati keaneka ragaman makhluk hidup di bumi ini. Contohnya aja waktu dia samapai pada kepulauan Galapagos, dia meneliti kumpulan burung finch (Geospiza fortis).

Nah, dari bacotan gue diatas, mungkin lo semua tau kan siapa tuh Darwin ? Ilmuwan yang kontroversial dalam melahirkan teori dan ajarannya (ajaran sesat kali..)

Tapi… gue acungi jempol juga tuh buat si Darwin, walaupun kayak gitu juga, dia adalah seorang Ilmuwan pekerja keras dan tekun yang sangat berjasa dengan semua yang kita pelajari di bidang sains ini. Terutama soal keaneka ragaman hayati dan proses adaptasi-interaksinya.
itu kenapa gue membutuhkan keimanan yang kuat sebelum baca Campbell. Haha.. (terutama buat ed.kelima jilid kedua yang warna biru) disitu dibahas secara gambling tentang mekanisme Evolusi. Hrr..

Oiya bro, ngomong-ngomong soal koleksi gue, waktu itu temen gue bilang kalo udah ada buat edisi yang kedelapan. Gue sempet girang juga tuh.. soalnya gue cuman punya e-booknya doang dan itu masih ditulis dalam Bahasa Inggris . dan gue paling males kalo udah baca yang masih dalam bahasa inggris. Soalnya, gue harus nambah sediaan kamus di sebelah gue ketika gue lagi baca. (kamus Biologi dengan kamus Inggris-Indonesia) .Sial.

Gue juga lagi ngumpulin buku-buku ilmiah yang lebih cenderung agak alkemis gitu. Soalnya gue sadar kalo Biologi tuh erat banget hubungannya terutama sama Chemist.

Dan..

Gue itu paling suka sama BIOLOGI MOLEKULER..!

Ahaha.. Tau gak sih lo.. itu tuh cabang dari Ilmu hayati yang mempelajari struktur-struktur molekuler dari kehidupan. Awalnya sih gue rebet baca buku kayak gitu, tapi setelah gue dikasih buku tentang molekuler dari kak May (mahasiswa National University of Singapore.) yang juga kakak sepupu gue. Dan dari situ gue mulai fall in love with Biologi Molekuler.

and i wish i'll get my University at Nanyang Singapore and definitely for Bio Molecul..






2 komentar:

  1. raharyani says:

    asik Nanyang.. Amiin
    SEMANGAT JI :D